Hallo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips
cara mengatur paragraf dan spasi di MS Word.
Pengertian Paragraph Dan Line Spacing
Apa itu Paragraph? Paragraph biasa digunakan untuk dalam pembuatan artikel, dokumen - dokumen resmi, contohnya tugas makalah, tugas akhir, penyusunan anggaran, dan berbagai keperluan lainnya yang masih berhubungan dengan teks dokumen.
Apa itu Line Spacing (Jarak Spasi)? Line Spacing adalah salah satu fitur yang sangat penting dalam MS Word yang berfungsi untuk mengatur jarak antar baris dalam suatu tulisan atau paragraph. Semakin besar ukuran jarak spasinya, maka jarak antar baris tulisan diatas dan dibawahnya akan menjadi lebih besar. Secara default Microsoft Word mengatur spasi dengan ukuran 1 (single). Namun demikian kita juga bisa mengatur ukuran spasi sesuai kebutuhan kita sendiri. seperti, 1,3 : 1,5: 1,7 atau yang lainnya.
Cara mengatur Paragraph
- Sebelum menulis lembar kerja kita bisa langsung mengatur paragraph dan line spacing, atau kita juga bisa menulis terlebih dahulu lalu blok kalimat yang ingin di atur paragraph dan line spacingnya
- Pilih tab home lalu di kolom paragraph terdapat banyak ikon. Untuk mengatur paragraph kita pilih salah satu pada baris ke dua
|
1.0 Tools paragraph |
- Align Text Left : Berfungsi untuk mengatur paragraph menjadi rata kiri, jadi kita akan memulai dari kiri ke kanan, lebih jelas nya seperti gambar dibawah ini.
|
1.1 Align Text Left |
- Center : Berfungsi untuk membuat paragraph menjadi rata tengah, biasa nya format ini digunakan untuk membut judul, sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.
|
1.2 Center |
- Align Text Right : Berfungsi untuk membuat parapraph rata kanan, biasa nya format ini digunakan untuk penulisan bahasa arab.
|
1.3 Align Text Right |
- Justify : Berfungsi untuk membuat paragraph rata kiri dan kanan, format ini digunakan untuk membuat tulisan menjadi lebih rapih. Format ini juga banyak digunakan oleh pengguna MS Word, sebagai contoh lihat gambar dibawah ini
|
1.4 Justify |
Cara Mengatur Line Spacing
Untuk mengatur Line Spacing (jarak spasi) ada dua cara, yang pertama cara otomatis dan yang ke dua adalah cara manual
Pertama saya akan berbagi cara yang mudah (otomatis) sebagi berikut :
- Sebelum menulis lembar kerja kita bisa mengatur nya terlebih dahulu ataupun kalau kita sudah menulis lembar kerja kita blok semua kalimat yang ingin kita atur jarak spasinya
- Kemudian pilih tab home, lalu pilih Line Paragraph Spacing, lebih jelas nya seperti gambar dibawah ini
|
1.5 Line Spacing Otomatis |
- Lalu pilih jarak yang dibutuhkan berdasarkan pilihan yang sudah tersedia
- Contoh jarak Line Spacing 1,0 dan 2,0 sebagai berikut
|
1.6 Hasil 1,0 |
|
1.7 Hasil 2,0 |
Selanjutnya saya akan berbagi cara untuk mengatur line spacing (jarak spasi) yang lebih manual sebagai berikut
- Langkah pertama sama seperti cara yang pertama, blok semua kalimat yang ingin kita atur jarak spasinya.
- Pilih Tab Home, lalu pilih tanda anak panah kebawah pada kolom paragpah, lebih jelas nya seperti gambar dibawah ini
|
1.8 Line Spacing Manual |
- Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini
|
1.9 Kotak Dialog |
- Seperti yang terlihat gambar diatas, yang saya tandakan dengan kotak merah itu banyak pilihan yang tersedia, maka akan saya menjelaskan fungsinya satu persatu.
- Before : Jarak dengan paragraph sebelumnya
- After : Jarak dengan paragraph selanjutnya
- Line Spacing : Spasi paragraph
- Single : Paragraph 1 spasi
- 1,5 Line : Paragraph untuk satu setengah spasi
- Double : Paragraph 2 spasi
- At Least : Jarak minimal antar baris dengan ukuran huruf terbesar yang terdapat pada teks tersebut
- Exactly : Untuk mengatur jarak spasi antar baris secara pasti dan tidak menyesuaikan dengan besarnya huruf yang ada dibaris
- Multiple:Untuk mengatur jarak spasi antar baris berdasarkan angka yang di pada kotak at (perhatikan gambar diatas)
Mungkin cukup sampai disini pembahasan saya mengenai Cara Mengatur Paragraph dan Line Spacing Di Microsoft Word. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^.^