Mengenal Menu Microsoft Word

April 21, 2019
Hallo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membahas apa saja menu - menu yang ada di dalam Microsoft Word. Sebelum mempelajari Microsoft Word hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengenal menu - menu utama Microsoft Word. Hal ini mungkin terkesan sangat sederhana tapi sobat harus tau sebeleum belajar Microsoft Word lainnya.

Pada dasarnya menu - menu ada didalam Microsoft Word di setiap versi sama saja, akan tetapi penempatannya sedikit berbeda.

Menu dan Ikon pada Menu Bar terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai berbagi fungsi dari setiap menu tersebut.

1. File

Menu File befungsi membuat,membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen.

Fungsi Menu File:
    • New : Untuk membuat lembar kerja baru
    • Open : Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat
    • Close : Untuk menutup file yang sedang aktif
    • Save : Untuk menyimpan file dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan
    • Save as : Untuk menyimpan file dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file yang baru
    • Save as Web Page : Untuk menyimpan file dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file yang baru
    • Search : Untuk mencari file atau nama file
    • Versions : Untuk menampilkan tanggal atau waktu setiap versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan
    • Web Page Preview : Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web  dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang telah kita buat sebelum diterbitkan atau dicetak
    • Page Setup : Untuk menentukan Margin dan ukuran kertas
    • Print Preview : Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
    • Print : Untuk mencetak dokumen yang telah kita buat
    • Send To : Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint
    • Properties : Untuk menampilkan informasi tentang dokumen yang aktif
    • Exit : Untuk keluar dari program Microsoft Word


2. Edit

Menu Edit berfungsi untuk mengedit (Melakukan perubahan dengan cara, menambaah, menghapus, memotong, menyalin, membatalkan, mengatur memunculkan objek, dan lain - lain) Berikut ini merupakan fungsi dari tool - tool yang terdapat dalam menu Edit.

Fungsi menu Edit :

    • Undo : Untuk membatalkan perintah terakhir
    • Repeat : Untuk membatalkan perintah Undo
    • Cut : Untuk memotong suatu objek seperti kata, kalimat, gambar dan memasukkannya ke clipboard atau dokumen lain
    • Copy : untuk meng-copy atau menyalin suatu objek ke dalam clipboard atau dokumen lain
    • Office Clipboard : Untuk menagtur pemunculan objek dari clipboard
    • Paste : untuk memunculkan objek dari clipboard atau dokumen lain
    • Paste Special : Paste dengan kriteria tertentu
    • Paste as Hyperlink : Untuk memunculkan objek dari dalam clipboard namun tetap ada hubungannya walau berada di tempat yang berbeda
    • Clear : Untuk menghapus format atau objek yang dipilih
    • Select All : Untuk memilih atau memberi tanda blok hitam pada seluruh lembar kerja
    • Find : Untuk mencari kata yang dipilih
    • Replace : Untuk mengganti kata
    • Go To : Untuk berpindah Halaman, Baris, Kolom, Objek, dan lain-lain
    • Links : Untuk membentuk hubungan
    • Object : Untuk mengedit objek
3. View

Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool - tool yang terdapat dalam menu View.

Fungsi menu View:
    • Normal : Untuk menampilkan tampilan layar yang normal atau tampilan standart (default)
    • Web Layout : Untuk menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser
    • Print Layout : Untuk menampilkan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketikan akan mencetak dokumen
    • Outline : Untuk memindahkan tampilan editing dokumen kita ke outline view, sehingga kita dapat memeriksa dan bekerja dengan struktur file dokumen kita dalam bentuk outline klasik
    • Task Pane : Untuk menampilkan task pane
    • Toolbars : Untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar - toolbar yang dipilih
    • Ruler : Untuk menampilkan dan menyembunyikan atau menghilangkan penggaris yang ada di atas area lembar kerja
    • Document Map : Merupakan layar vertikal yang berfungsi juga sebagai peta dokumen untuk memberitahukan letak atau posisi dokumen kita sekarang
    • Header dan Footer : Untuk membuat header dan footer
    • Footnote : Untuk membuat catatan kaki
    • Markup : Untuk memunculkan atau menyembunyikan komentar
    • Full Screen : Untuk mengubah tampilan layar menjadi tampilan layar penuh
    • Zoom : Untuk memperbesar tampilan
4. Insert

Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, simbol, diagram, file, objek, dan sebagainya. Selain itu menu Insert dapat digunakan untuk memberi nomor halaman pada dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan fungsi dari tool - tool yang terdapat dalam menu Insert.

Fungsi menu Insert :
    • Break : Untuk menentukan jenis perpindahan
    • Page Number : Untuk memberi nomor halaman
    • Date and Time : Untuk menyisipkan tanggal
    • Auto Teks : Untuk menyisipkan teks
    • Field : Untuk menyisipkan field
    • Symbol : Untuk menyisipkan symbol
    • Comment : Untuk menyisipkan komentar dan catatan
    • Reference : Untuk meyisipkan footnote, caption, cross reference dan index
    • Web Component : Komponen dari web
    • Picture : Untuk menyisipkan gambar
    • Diagram : Untuk menyisipkan diagram
    • Text Box : Untuk menyisipkan text box
    • File : Untuk menyisipkan file
    • Object : Untuk menyisipkan objek
    • Bookmark : Untuk menyisipkan bookmark
    • Hyperlink : Teks atau grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML
5. Format

Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dan teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan huruf kecil, dan berbagai hal lainnya yang  berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool - tool yang terdapat dalam menu Format.

Fungsi menu format :

    • Font : Untuk menentukan jenis huruf dan atributnya
    • Paragraph : Untuk menentukan jenis paragraf
    • Bullet and Numbering : Untuk memberikan bullet dan penomoran
    • Border and Shading : Untuk memberikan bingkai dan arsiran
    • Columns : Untuk membuat jenis kolom
    • Tabs : Untuk menentukan batas tabulasi
    • Drop Cap : Untuk memberikan efek drop cap
    • Text Direction : Untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
    • Change Case : Untuk mengatur huruf besar dan kecil
    • Background : Untuk memberikan warna latar belakang dokumen yang dikerjakan
    • Theme : Untuk mengatur format tema yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen dan pesan email
    • Frame : Untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkan di sebelah kiri halaman frame
    • Auto Format : Untuk mengubah format menjadi format dokumen atau surat
    • Styles and Formating : Untuk mengubah style dan format
    • Reveal and Forrmating : Untuk menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
    • Object: Untuk memformat objek
6. Tools

Menu Tools untuk berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dipilih, menghitung banyak kata dan karakter, memproteksi dokumen, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool - tool yang terdapat dalam menu Tools.

Fungsi menu Tools :
    • Spelling and Grammar : Untuk memeriksa ejaan
    • Language : Untuk memeriksa bahasa
    • File Broken Text : Untuk mengatur dan menyusun teks yang berantakan atau tak beraturan (Fasilitas ini terdapat pada Microsoft Word Windows XP)
    • Word Count : Untuk menghitung banyaknya kata, paragraf, baris, karakter, dan halaman
    • Auto Summarize : Untuk merangkun poin - poin secara otomatis dalam dokumen
    • Speech : Untuk mengubah perintah keyboard atau mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenali oleh Microsoft Office
    • Track Change : Untuk menandai perubahan - perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat kembali
    • Compare and Merge Document : Untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen
    • Protect Document : Untuk memprotek atau melindngi dokumen
    • Online Collaboration : Untuk melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet seperti diskusi maupun net meeting
    • Letters and Mailing : Untuk membuat surat dan label
    • Tools on The Web : Untuk melihat fungsi tool secara online
    • Template and Add-Ins : Untuk membuat templates
    • Auto Correct Option : Untuk membuat autocorrect
    • Customize : Untuk melihat tombol toolbar, menu dan shortcut key
    • Options : Untuk memodifikasi setting program dari Microsoft Office
7. Table

Menu Table berfungsi untuk membuat tabel atau kolom, menyisipkan tabel dalm teks dokumen, megurutkan kata, dan segala hal yang berkaitan dengan tabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan dari tool - tool yang terdapat dalam menu Table berikut ini.

Fungsi menu Table :
    • Draw Table : Untuk menggambar tabel
    • Insert : Untuk menyisipkan tabel, kolom, baris atau sel
    • Delete : Untuk menghapus tabel, kolom, baris atau sel
    • Select : Untuk menyeleksi tabel, kolom bari atau sel
    • Merge Cells : Untuk menggabungkan sel - sel terpilih
    • Split Cells : Untuk membagi sel kolom pada tabel menjadi beberap sel kolom yang lebih kecil
    • Split Table : Untuk memisahkan tabel
    • Table Auto Format : Untuk membuat format tabel secara otomatis
    • Autofit : Untuk menyesuaikan lebar kolom pada tabel dengan lebar window secara otomatis
    • Heading Rows Repeat : Untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading tabel yang diulang pada halaman selanjutnya
    • Convert : Untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk tabel atau sebaliknya
    • Sort : Untuk mengurutkan data
    • Formula : Untuk memberikan formula atau rumus (perhitungan matematika)
    • Show Gridlines : Untuk memunculkan atau menyembunyikan garis bantu
    • Tables Properties : Untuk menampilkan properties untuk tabel
8. Window

Menu Window berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif dan melihat dokumen yang sedang aktif. Untuk lebih jelasnya  perhatikan fungsi tool - tool yang terdapat dalam menu Window berikut ini

Fungsi menu Window : 
    • New Window : Untuk membuka jendela atau lembar kerja baru
    • Arrange all : Untuk menyusun semua jendela yang aktif
    • Split : Untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian
    • Document : Untuk melihat seluruh dokumen yang aktif
9. Help

Salah satu fungsi Menu Help untuk memunculkan fasilitas help atau bantuan yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang dihadapi pada saat menggunakan fasilitas Microsoft Word, termasuk informasi mengenai suatu icon, Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool - tool yang terdapat dalam menu Help berikut ini.

Fungsi menu Help :
    • Microsoft Word Help : Untuk memunculkan fasilitas help atau bantuan yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah pada saat menggunakan Microsoft Word
    • Show the Office Assistant :  Untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant
    • What's This : Untuk meminta penjelasan mengenai icon yang dipilih
    • Office on the web : Untuk meminta informasi terkini dari website resmi Microsoft Office
    • Activate Product : Untuk menampilkan activate product
    • Word Perfect Help : Untuk memberikan informasi bagi pengguna word perfect
    • Detect and Repair : Untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis
    • About Microsoft Word : Untuk menampilan informasi mengenai program Microsoft Word yang kita gunakan

Nah,itulah dia beberapa menu - menu utama yang terdapat dalam Microsoft Word. Kurang lebihnya seperti itu, mungkin ada beberapa kalimat yang kurang bisa dimengerti tapi. Munngkin cukup sampai disini pembahasan saya mengenai Mengenal Menu Microsoft Word, apabila ada kalimat atau kata yang salah mohon dikoreksi dikolom komentar.Semoga  artikel kali ini bisa bermanafaat ^_^.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments